PERHATIAN !!!!!!
Saturday, January 14, 2017
KEGUNAAN MEMBACA AL-QUR'AN DITINJAU DARI SISI KESEHATAN
Mengapa Membaca Al-Qur'an itu Penting?
Menurut survey yang dilakukan oleh dr. Al-Qodhi di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat, berhasil membuktikan hanya dengan mendengarkan ayat suci al-Qur'an baik bagi yg mengerti bahasa Arab atau tidak, ternyata memberikan perubahan fisiologis yang sangat besar.
Salah satunya menangkal berbagai macam penyakit.
Hal ini dikuatkan lagi oleh Penemuan Muhammad Salim yang dipublikasikan Universitas Boston.
Lalu, mengapa di dalam Islam, ketika kita mengaji disarankan untuk bersuara ?
Minimal untuk diri sendiri alias terdengar oleh telinga kita.
Berikut penjelasan logisnya :
1. Setiap sel di dalam tubuh kita bergetar di dalam sebuah sistem yang seksama, dan perubahan sekecil apapun dalam getaran ini akan menimbulkan potensi penyakit di berbagai bagian tubuh. Sel-sel yang rusak ini harus digetarkan kembali untuk mengembalikan keseimbangannya.
Hal tersebut artinya harus dengan suara. Maka muncullah TERAPI SUARA yang ditemukan oleh dr. Alfred Tomatis, seorang dokter di Prancis.
Sementara dr. Al-Qodhi menemukan, bahwa MEMBACA AL-QUR'AN DENGAN BERSUARA, memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap sel-sel otak untuk mengembalikan keseimbangannya.
2. Penelitian berikutnya membuktikan Sel Kanker dapat hancur dengan menggunakan FREKUENSI SUARA saja. Dan kembali terbukti bahwa, Membaca Al-Qur'an memiliki dampak hebat dalam proses penyembuhan penyakit sekaliber kanker.
3. Virus dan kuman berhenti bergetar saat dibacakan ayat suci Al-Qur'an, dan disaat yang sama , Sel-sel sehat menjadi aktif. Mengembalikan keseimbangan program yang terganggu tadi.
Silahkan dilihat QS. Al-Isro' ayat 82.
Dan yang lebih menguatkan supaya diri ini semakin rajin dan giat membaca al-Qur'an adalah karena menurut survey :
SUARA YANG PALING MEMILIKI PENGARUH KUAT TERHADAP SEL-SEL TUBUH, ADALAH SUARA SI PEMILIK TUBUH ITU SENDIRI.
Lihat QS. 7 ayat 55 dan QS. 17 ayat 10.
Mengapa Sholat berjama'ah lebih di anjurkan?.
Karena ada do'a yg dilantunkan dengan keras, sehingga terdengar oleh telinga, Dan ini bisa mengembalikan sistem yang seharian rusak.
Mengapa dalam Islam mendengarkan lagu hingar bingar tidak dianjurkan?.
Karena survey membuktikan, bahwa getaran suara hingar bingar MEMBUAT TUBUH TIDAK SEIMBANG.
Maka kesimpulannya adalah :
1. Bacalah Al-Qur'an di pagi hari dan malam hari sebelum tidur untuk mengembalikan sistem tubuh kembali normal.
2. Kurangi mendengarkan musik hingar bingar, ganti saja dengan murotal yang jelas-jelas memberikan efek menyembuhkan. Siapa tau kita punya potensi terkena kanker, tapi karena rajin mendengarkan murotal, penyakit tersebut bisa hancur sebelum terdeteksi.
3. Benarkan baca al-Qur'an, karena efek kita sendirilah yang paling dasyat dalam penyembuhan.
Niatkan juga untuk me-ruqyah diri sendiri, agar optimal proses tazkiyyahnya.
Semoga menjadi lebih baik dan Bermanfaat.
SAYANGILAH ANAKMU SELAGI MASIH ADA WAKTU
HANYA SOAL WAKTU
Saat rumahmu akan sebersih dan serapih rumah-rumah yang ada dalam majalah-majalah yang sering kau irikan itu..
Maka... nikmatilah setiap detik letihmu yang harus berpuluh kali membereskan kekacauan yang mereka buat
HANYA SOAL WAKTU
Saat mereka tak mau lagi kau gandeng, peluk atau sekedar kau cium rambutnya
Maka... berbahagialah ketika mereka selalu membuntutimu kemanapun kakimu melangkah, meski kadang hal itu mengesalkanmu, karena bagi mereka tak ada selainmu
HANYA SOAL WAKTU
Saat kau tak lagi jadi si serba tahu dan tempat mengadu
Maka... bersabarlah dengan rentetan pertanyaan juga celoteh riang dari mulut mungil mereka yang kadang membuat dahimu mengernyit atau keasyikanmu terhenti
HANYA SOAL WAKTU
Saat mereka mulai meminta kamarnya masing2 dan melarangmu mengutak atik segala rupa apa yang di dalamnya
Maka... tahan emosimu dari rengekan manja mereka saat minta kelon atau dongeng sebelum tidur ketika mata 5 wattmu juga meminta haknya
HANYA SOAL WAKTU
Saat mereka menemukan separoh hatinya untuk selanjutnya membangun sarangnya sendiri. Mungkin saat itu posisimu tak lagi sepenting hari ini
Maka... resapilah setiap mili kebersamaanmu dengan mereka selagi bisa
Karena tak butuh waktu lama menunggu kaki kecil mereka tumbuh menjadi sayap, yang akan membawanya pergi menggapai asa dan cita
HANYA SOAL WAKTU
Kelak kau hanya bisa menengok kamar kosong yang hanya sekali dua akan ditempati penghuninya saat pulang...
Termangu menghirup aroma kenangan di dalamnya dan lalu tercenung "Dulu kamar ini pernah begitu riuh dan ceria" Dan kau akan begitu merindukannya
Kelak kau akan sering menunggu dering telepon mereka untuk sekedar menanyakan "Apa kabarmu ibu, ayah"?
Dan kau akan begitu bersemangat menjawabnya dengan cerita-cerita tak penting hari ini
HANYA SOAL WAKTU
Kelak kau akan merindukan acara memasak makanan kegemaran mereka dan merasa sangat puas saat melihat hasil masakanmu tandas di piring mereka
Janganlah keegoisanmu hari ini akan membawa sesal di kelak kemudian hari
Kau takkan pernah bisa memundurkannya sekalipun sedetik untuk sekedar sedikit memperbaikinya
HANYA SOAL WAKTU
Karena waktu berjalan...
Ya... ia berlari...
Tidak.... ia bahkan terbang...
Dan dia tak pernah mundur kembali...
"MARI KITA SAYANGI ANAK KITA SEPENUH HATI,
SELAGI MASIH ADA WAKTU"
MEMAHAMI MINDSET SECARA POSITIF
Perlu direnungkan, sebelum sang Ayah menghembuskan nafas terakhir, sang Ayah menyampaikan wasiat kepada kedua anaknya :
“Anakku, ada dua wasiat penting yang ingin ayah sampaikan kepadamu untuk keberhasilan hidupmu”
“Pertama : jangan pernah menagih hutang kepada siapapun...”
“Kedua : jangan pernah tubuhmu terkena terik
matahari secara langsung...”
... 5 tahun berlalu sang ibu menengok anak sulungnya dengan kondisi bisnisnya yang sangat memprihatinkan, ibu pun bertanya
“Wahai anak sulungku kenapa kondisi
bisnismu demikian...?”
Si sulung menjawab : “Saya mengikuti pesan ayah bu… Saya dilarang menagih hutang kepada siapapun sehingga banyak hutang yang tidak dibayar dan lama kelamaan habislah modal saya...
Pesan yang kedua ayah melarang saya terkena sinar matahari secara langsung dan saya hanya punya sepeda motor, itulah sebabnya pergi dan pulang kantor saya selalu naik taxi...”
Kemudian sang ibu pergi ke tempat si bungsu yang keadaannya berbeda jauh. Si bungsu sukses menjalankan bisnisnya. Sang ibu pun bertanya “... Wahai anak bungsuku, hidupmu
sedemikian beruntung, apa rahasianya…?”
Si bungsu menjawab : “Ini karena saya mengikuti pesan ayah bu.. Pesan yang pertama dilarang menagih hutang kepada siapapun, oleh karena itu saya tidak pernah memberikan hutang kepada siapapun sehingga modal saya tetap utuh...”
“Pesan kedua dilarang terkena sinar matahari secara langsung, maka dengan motor yang saya punya selalu berangkat sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari terbenam, sehingga para pelanggan tahu toko saya buka lebih pagi dan tutup lebih lama...”
Wahai Sahabat...
Si Sulung dan Si Bungsu menerima pesan yang SAMA, namun masing-masing memiliki penafsiran dan sudut pandang atau MINDSET yang berbeda.
Mereka MELAKUKAN cara yang berbeda sehingga mendapatkan HASIL yang berbeda
pula...
Hati² lah dengan MINDSET kita...
Mindset positif berikan hasil menakjubkan, mindset negatif berikan hasil menghancurkan!
Friday, January 13, 2017
KISAH BURUNG GAGAK - KISAH PEMBANGUN JIWA
Seorang ulama dari Suriah bercerita tentang do'a yang selalu ia lantunkan. Ia selalu mengucapkan do'a seperti berikut ini.
ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﺭﺯُﻗﻨَﺎ ﻛَﻤَﺎ ﺗَﺮﺯُﻕُ ﺍﻟﺒُﻐَﺎﺙََ
Ya Allah, berilah aku rezeki sebagaimana Engkau memberi rezeki kepada bughats.
Apakah "bughats" itu?
Dan bagaimana kisahnya?
"Bughats" anak burung gagak yang baru menetas. Burung gagak ketika mengerami telurnya akan menetas mengeluarkan anak yang disebut "bughats".
Ketika sudah besar dia menjadi gagak (ghurab).
Apa perbedaan antara bughats dan ghurab?
Telah terbukti secara ilmiah, anak burung gagak ketika baru menetas warnanya bukan hitam seperti induknya, karena ia lahir tanpa bulu. Kulitnya berwarna putih.
Saat induknya menyaksikanya, ia tidak terima itu anaknya, hingga ia tidak mau memberi makan dan minum, lalu hanya mengintainya dari kejauhan saja.
Anak burung kecil malang yang baru menetas dari telur itu tidak mempunyai kemampuan untuk banyak bergerak, apalagi untuk terbang.
Lalu bagaimana ia makan dan minum...?
Allah Yang Maha Pemberi Rezeki yang menanggung rezekinya, karena Dialah yang telah menciptakannya.
Allah menciptakan _aroma_ tertentu yang keluar dari tubuh anak gagak tersebut sehingga mengundang datangnya serangga ke sarangnya. Lalu berbagai macam ulat dan serangga berdatangan sesuai dengan kebutuhan anak gagak dan ia pun memakannya.
ماشاءالله
Keadaannya terus seperti itu sampai warnanya berubah menjadi hitam, karena bulunya sudah tumbuh.
Ketika itu barulah gagak mengetahui itu anaknya dan ia pun mau memberinya makan sehingga tumbuh dewasa untuk bisa terbang mencari makan sendiri.
Secara otomatis aroma yang keluar dari tubuhnya pun hilang dan serangga tidak berdatangan lagi ke sarangnya.
Dia-lah Allah, Ar Razaq, Yg Maha Penjamin Rezeki.
... نَحْنُ قَسَمْنَا بَيْنَهُمْ مَّعِيشَتَهُمْ فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا
...Kamilah yang menentukan penghidupan mereka dalam kehidupan dunia...
(QS. Az-Zukhruf: Ayat 32)
Rezekimu akan mendatangimu di mana pun engkau berada, selama engkau menjaga ketakwaanmu kepada Allah, sebagaimana sabda Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam:
"Sesungguhnya Malaikat Jibril membisikkan di dalam qalbuku bahwa seseorang tidak akan meninggal sampai sempurna seluruh rezekinya. Ketahuilah, bertaqwalah kepada Allah, dan perindahlah caramu meminta kepada Allah. Jangan sampai keterlambatan datangnya rezeki membuatmu mencarinya dengan cara bermaksiat kepada Allah. Sesungguhnya tidak akan didapatkan sesuatu yang ada di sisi Allah kecuali dengan menta'atinya."
Jadi tidaklah pantas bagi orang-orang yang beriman berebut rezeki dan seringkali tidak mengindahkan halal haramnya rezeki itu dan cara memperolehnya.
Mari introspeksi diri, apakah muamalah dan pekerjaan yang kita lakukan ini sudah sesuai hukum الله atau belum. Mengetahui status hukum perbuatan dulu baru berbuat.
Itulah sikap selayaknya seorang muslim.
اَللّٰهُمَّ اَكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ.
“Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.” (HR. Ahmad)
Oleh sebab itu wahai kaum muslim, janganlah kita takut akan kurangnya rezeki, Allah Subhanahuwata'ala sudah mengatur rezeki. Sadarilah kitalah yang sebenarnya tidak pernah puas dan qanaah (menerima) dalam mensyukuri nakmat. Perbanyaklah bersyukur dan beristiqfar agar kita disayang Allah Subhanahuwata'ala.
Selamat bekerja.
Semoga hidup kita dicukupkan oleh rezeki yang halalan thoyyiban dan dipenuhi keberkahan didalam mencari karunia Allah Subhanahuwata'ala diatas muka bumi ini.
آمــــــــــــــــــين يا رب العالمين
والله أعلمُ بالـصـواب
Semoga ada manfaatnya.
باركالله فيكم
ASAS LEGALITAS HUKUM PIDANA ISLAM DAN PENERAPANNYA
A. PENGERTIAN ASAS LEGALITAS
Secara umum asas legalitas (principle of legality) atau sering dikenal dalam bahasa latin sebagai Nullum Delictum Nulla Poena Sine Praevia Lege adalah asas yang menentukan bahwa tidak ada perbuatan yang dilarang dan diancam dengan pidana jika tidak ditentukan terlebih dahulu dalam perundanga-undangan.
Dalam KUHPidana (kitab undang-undang hukum pidana) pada pasal 1 ayat 1dikatakan “tiada suatu perbuatan boleh dihukum melainkan atas kekuatan ketentuan pidana dalam undang-undang yang ada terdahulu dari pada perbuatan itu.
Dan biasanya asas legalitas ini mengandung tiga pengetian, yaitu:
1. Tidak ada pebuatan yang dilarang dan diancam dengan pidana kalau hal itu terlebih dahulu belum dinyatakan dalam suatu aturan undang-undang.
2. Untuk menentukan adanya perbuatan pidana tidak boleh digunakan analogi (kias)
3. Aturan-aturan hukum pidana tidak laku surut.
Sedangkan dalam syai’at islam atau pun hukum pidana islam asa legalitas tidak ditentukan secara jelas sebagaimana yang terdapat dalam kitab undang-undang positif. Walaupun demikian, bukan berarti syari’at islam tidak mengenal asas legalitas.asas legalitas ditentukan berdasarkan ayat-ayat alquran seperti ayat tentang qisas, dzariyat, hudud rajam dan sebagainya.
Asas legalitas yang ditinjau dari hukum pidana Islam ataupun hukum pidana positif adalah pada dasarnya hukum pidana Islam menentukan jenis hukuman secara jelas, hakim tidak mungkin untuk menciptakan hukuman dari dirinya sendiri, sebaliknya pada hukum pidana positif tiap perbuatan pidana disediakan satu atau dua macam hukuman yang mempunyai batas yang tertinggi dan batas terendah sehingga hakim dapat menjatuhkan dua hukuman, atau satu hukuman yang terletak antara kedua batas tersebut.
B. PERBANDINGAN ASAS LEGALITAS HUKUM PIDANA DAN HUKUM PIDANA ISLAM
Dalam hukum pidana islam jika dibandingkan dengan hukum pidana umum (positif) keduanya memiliki banyak perbedaan baik pengaturan dalam hukuman dan bentuk hukuman. Jika dalam hukum islam kita mengenal adanya qisas, dzariyat, hudud, rajam ,cambuk dan lain-lain, sebagai bentuk hukum. Sedangkan dalam hukum positif kita akan menemukan bentuk hukuman seperti yang terdapat dalam pasal 10 KUHPidana yang terdiri atas:
- Pidana pokok berupa hukuman mati, hukuman penjara, hukuman kurungan, dan hukuman denda.
- Pidana tambahan berupa pencabutan hak-hak tertentu, perampasan barang yang telah ditentukan, dan pengumuman putusan hakim.
Dalam hukum pidana islam dalam hal hukuman ada beberapa tindak pidana, yaitu:
1. Pembunuhan dalam alquran
Dalam alquran sudah jelas aturannya bahwa manusia dilarang untuk membunuh, hal ini dijelaskan dalam surat al-Isra’:33:
Dan janganlah kamu membunuh orang yang diharamkan Allah (membunuhnya), kecuali dengan suatu alasan yang benar. Barang siapa dibunuh secara zalim, maka sungguh kami telah memberi kekuasaan kepada walinya, tetapi jangan walinya itu melampaui batas dalam pembunuhan. Sesungguhnya dia adalah orang yang mendapat pertolongan.
Dalam alquran pengaturan dalam pembunuhan ada 2 hal:
a. Pembunuhan yang dilakukan dengan cara sengaja
Pengaturannya dalam alquran:
-. Yang pembalasannya dilakukan didunia, sebagaimana firman Allah QS al-Baqarah:178
Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu atas qisas berkenaan dengan orang yang dibunuh. Orang merdeka dengan orang merdeka, hamba sahaya dengan hamba sahaya, perempuan dengan perempuan. Tetapi barang siapa yang memperoleh maaf dari saudaranya, hendaklah ia mengikuti dengan baik, dan membayar denda (tebusan) kepadanya dengan baik pula. Yang demikian itu adalah keringanan dan rahmat dari Tuhanmu. Barang siapa melampaui batas setelah itu, maka ia akan mendapat azab yang sangat pedih.
-. Yang balasannya diakhirat sebagaiman firman Allah QS an-Nisa:93
Dan barang siapa membunuh seorang yang beriman dengan sengaja, maka balasannya islah neraka jahanam, dia kekal didalamnya. Allah murka kepadanya, dan melaknatnya serta menyediakan azab yang besar baginya.
b. Pembunuhan yang dilakukan tidak secara sengaja sebagaimana firman Allah QS. An-Nisa:92
Dan tidak patut bagi seorang yang beriman membunuh seorang yang beriman yang lain, kecuali karena tersalah (tidak sengaja). Barang siapa membunuh seorang yang beriman karena tersalah (hendaklah) dia memerdekaan seorang hamba sahaya yang beriman serta membayar tebusan yang diserahkan kepada keluarganya (siterbunuh itu) , kecuali jika mereka (keluarga terbunuh) membebaskan pembayaran. Jika dia (si terbunuh) dari kaum yang memusuhimu, padahal orang beriman , maka hendaklah (si pembunuh) memerdekakan hamba sahaya yang beriman. Dan jika dia (si pembunuh) dari kaum kafir yang ada perjanjian (damai) antara mereka dengan amu, maka hendaklah si pembunuh membayar tebusan yang diserahkan kepada keluarganya (si pembunuh) serta memerdekaan hamba sahaya yang beriman. Barang siapa yang tidak mendapat hamba sahaya, maka hendaklah dia (si pembunuh) berpuasa dua bulan berturut-turut sebagai tobat kepada Allah. Dan Allah maha mengetahui, maha bijaksana.
Hukuman bagi pelaku pembunuhan dalam alquran berlaku qishash seperti dalam QS. Al-baqarah: 178, QS al-maidah:45. Adapun dalam islam berlaku sistem memaafkan atau damai dalam pembunuhan, apabila keluarganya kemudian dengan lapang dada menerima, apalagi pembunuhannya itu tidak sengaja maka dalam hal ini dapat dilakukan diyat atau membayar denda, sesuai yang tercantum dalam alquran surat al-baqarah:178.
2. Pembunuhan dalam hukum pidana positif
Dalam hukum positif, pengaturan tentang pembunuhan terdapat dalam kodifikasi hukum , yaitu dalam kitan undang-undang hukum pidana (KUHPidana). KUHPidana dibagi menjadi 3 buku yaitu pertama berisi tentang ketentuan umum, kedua tentang kejahatan, dan ketiga tentang pelanggaran.
Pengaturan diatur dalam bab XIX yaitu mengenai kejahatan terhadap nyawa dari pasal 338-350 KUHPidana yang aturannya adalah:
- Pasal 338 : barang siapa dengan sengaja menghilangkan kiwa orang lain, dihukum, kareana makar mati, dengan hukuman penjara selama lima belas tahun.
- Pasal 339 : makar mati diikuti, disertai atau didahului dengan perbuatan yang dapat dihukum dan yang melakukan dengan maksud untuk menyiapkan atau memudahkan perbuatan itu jika tertangkap tangan akan melindungi dirinya atau kawan-kawannya dari pada hukuman atau akan mempertahankan barang yang didapatnya dengan melawan hak, hukuman penjara seumur hidup atau penjara sementara selama-lamanya dua puluh tahun.
- Pasal 340 : barang siapa dengan sengaja dan dengan direncanakan terlebih dahulu mengahilangkan jiwa orang lain, dihukum, karena pembunuhan direncanakan dengan hukuman mati atau atau penjara seumur hidup atau penjara sementara selama-lama dua puluh tahun.
- Pasal 341 : seorang ibu yang dengn sengaja menghilangkan nyawa anaknya pada ketika dilahirkan atau tidak berapa lama setelah dilahirkan, karena takut ketahuan kalau ia sudah melahirkan anak dihukum, karena makar mati karena anak (kinderdoodslag), dengan hukuman penjara selama-lamanya tujuh tahun
- Pasal 342 : seorang ibu yang dengan sengaja akan menjalankan keputusan yang diambilnya sebab takut ketahuan bahwa ia tidak lama lagi akan melahirkan anak, menghilangkan jiwa anaknya itu pada ketika melahirkan atau tidak lama kemudian dari pada itu, dihukum karena pembunuhan anak (kindermoord), dengan ancaman dengan hukuman penjara selam-lamanya sembilan tahun.
- Pasal 343 : bagai orang lain yang turut campur dalam kejahatan yang diterangkan dalam pasal 341 dan 3442 dianggap kejahatan itu sebagai makar kematian atau pembunuhan.
- Pasal 344 : barang siapa menhikangkan jiwa orang lain atas permintaan orang itu sendiri, yang disebutkannya dengan nyata dan dengan sungguh-sungguh, dihukum penjara selama-lamanya dua belas tahun
- Pasal 345 : barang siap dengan sengaja menhasut orang lain untuk membunuh diri, menolongnya dalam perbuatan itu atau memberikan daya upaya kepadanya untuk itu, maka jika orang itu jadi membunuh diri, dihukum selama-lamanya empat bulan.
- Pasal 346 : perempuan yang dengan sengaja menyebabkan gugur atau mati kandungannya atau menyuruh orang lain untuk itu dihukum penjara selama-lamanya empat tahun.
- Pasal 347 : (1) barang siapa dengan sengaja menyebabkan gugur atau mati kandungannya seorang perempuan tidak dengan izin perempuan itu, dihukum penjara selama-lamanya dua belas tahun. (2) jika karena perbuatan itu perempuan itu jadi mati, dia dihukum penjara selam-lamnya lima belas tahun.
- Pasal 348 : (1) barang siapa dengan sengaja menyebabkan gugur atau mati kandungan seorang perempuan dengan izin perempuan itu dihukum penjara selama-lamnya lima tahun enam bulan. (2) jika karena perbuatan itu perempuan itu jadi mati, dia dihukum penjara selama-lamanya tujuh tahun.
- Pasal 349 : jika seorang tabib, dukun beranak, atau tukang obat yang membantu dalam kejahatan yang disebut dalam pasal 346 atau bersalah atau membantu dalam salah satu kajahatan yang diterangkan dalam pasal 347 dan 348, maka hukuman yang ditentukan dalam pasal itu dapat ditambah dengan sepertiga dan dapat dipecat dari jabatannya yang digunakan untuk melakukan kejahatan itu.
- Pasal 350 : pada waktu menjatuhkan hukuman karena makar mati, (doodslag) pembunuhan direncanakan (moord) atau karena salah satu kajahatan yang dirangkan dalam pasal 344, 347 dan 348, dapat dijatuhkan hukuman mencabut hak yang tersebut dalam pasal 35 No 1-5.
Dalam hukuman pidana umum tidak dapat dilakukan damai secara hukum antar keluarga pihak yang dibunuh dan orang yang membunuh. Jadi walaupun ada perdamaian antara kedua belah pihak proses pidananya tetap berjalan kecuali kasus yang memuat delik aduan, seperti kasus pencurian dalam keluarga dan kasus perzinahan atau perselingkuhan bagi suami/istri.
Dalam hukum pidana islam berlaku qishash dan dziyat sedangkan hukum pidana umum berlaku hukuman penjara, kurungan , denda seperti pidana mati dan seumur hidup.
C. PENUTUP
Alhamdullah, akhirnya makalah ini menghantarkan kepada beberapa kesimpulan, antara lain:
1. Asas legalitas menurut hukum pidana umum adalah asas yang menentukan bahwa tidak ada perbuaan yang dilarang dan diancam dengan pidana jika tidak ditentukan terlebih dahulu dalam undang-undang..
Sedangkan menurut hukum pidana islam tidak ada bedanya yaitu setiap perbuatan kriminal yang dilakukan oleh seorang muallaf ditentukan berdasarkan hasil dari pemahaman atas dalil-dalil hukum yang terperici dari alquran dan hadits.
2. Perbandingan dari asas legalitas hukum pidana islam dengan hukum pidana umum memiliki banyakperbedaan baik pengaturan dalam hukuman dan bentuk hukuman. Jika dalam islam dikenal adanya qishash, dzariyat, hudud, rajam, cambuk dan lain-lain. Sedangkan dalam hukumpidana umum terdapat dalam pasal 10 KUHPidana, yaitu: pertama, pidana poko berupa hukaman mati, hukuman penjara, hukuman kurungan, dan hukuman denda. Kedua, pidana tambahan berupa pencabutan hak-hak tertentu, perampasan barang yang telah ditentukan, dan pengumuman keputusan hakim.
Adapun dalam islam (hukum pidana islam) berlaku memaafkan atau damai dalam pembunuhan, apabila keluarganya kemudian dengan lapang dada menerima (memaafkan) , apalagi pembunuhan itu tidak sengaja, maka dapat dilakukan diyat atau membayar denda sesuai dalam alquran surat al-baqarah:178.
Sedangkan dalam hukum pidana umum tidak dapat dilakukan demikian kecuali kasus yang memuat delik aduan, seperti pencurian, perzinahan ataupun perselingkuhan suami/istri.
DAFTAR PUSTAKA
Moeljatno. Asas-Asas Hukum Pidana, jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Soesilo , R. Kitab Undang-Undang Hukum Pidana(KUHP),Bogor: Politeia, 1995
AMNESIA
Berbuat baik jika kau dilihat orang
Berkata halus jika kau didengar orang
Menghujat orang pun tak pernah ditinggalkan
Dzolimi orang pun selalu dilakukan
Kadang kau beramal
Kadang kau memfitnah
Padahal Tuhan selalu melihat
Pagi beriman, siang lupa lagi
Sore beriman, malam amnesia
Pagi beriman, siang lupa lagi
Sore beriman, malam amnesia
Berbuat baik jika kau dilihat orang
Berkata halus jika kau didengar orang
Menghujat orang pun tak pernah ditinggalkan
Dzolimi orang pun selalu dilakukan
Kadang kau beramal
Kadang kau memfitnah
Padahal Tuhan selalu melihat
Pagi beriman, siang lupa lagi
Sore beriman, malam amnesia
Pagi beriman, siang lupa lagi
Sore beriman, malam amnesia
Thursday, November 19, 2015
IJARAH : PENGERTIAN, DASAR HUKUM DAN PEMBAGIANNYA
IJARAH
Pengertian, Dasar Hukum dan Pembagian Ijarah
Kata
Al-ijarah sendiri berasal dari kata Al ajru yang diartikan
sebagai Al 'Iwadhu yang mempunyai arti ”ganti”, al-kira`, yang
mempunyai arti ”bersamaan” dan al-ujrah
yang memiliki arti ”upah”
Pengertian
al-ijarah menurut istilah syariat Islam terdapat beberapa pendapat Imam
Mazhab Fiqh Islam sebagai berikut:
1. Para ulama dari golongan
Hanafiyah berpendapat, bahwa al-ijarah
adalah suatu transaksi yang memberi faedah pemilikan suatu manfaat yang dapat
diketahui kadarnya untuk suatu maksud tertentu dari barang yang disewakan
dengan adanya imbalan.
2. Ulama Mazhab Malikiyah mengatakan, selain al-ijarah
dalam masalah ini ada yang diistilahkan dengan kata al-kira`, yang
mempunyai arti bersamaan, akan tetapi untuk istilah al-ijarah mereka
berpendapat adalah suatu `aqad atau perjanjian terhadap manfaat dari al-Adamy
(manusia) dan benda-benda bergerak lainnya, selain kapal laut dan binatang,
sedangkan untuk al-kira` menurut istilah mereka, digunakan untuk `aqad sewa-menyewa
pada benda-benda tetap, namun demikian dalam hal tertentu, penggunaan istilah
tersebut kadang-kadang juga digunakan.
3. Ulama Syafi`iyah berpendapat, al-ijarah
adalah suatu aqad atas suatu manfaat yang dibolehkan oleh Syara` dan
merupakan tujuan dari transaksi tersebut, dapat diberikan dan dibolehkan
menurut Syara` disertai sejumlah imbalan yang diketahui.
4. Hanabilah berpendapat, al-ijarah adalah `aqad atas suatu
manfaat yang dibolehkan menurut Syara` dan diketahui besarnya manfaat
tersebut yang diambilkan sedikit demi sedikit dalam waktu tertentu dengan
adanya `iwadah.
Berdasarkan
beberapa pengertian di atas, maka dapatlah dikatakan bahwa dalam hal `aqad
ijarah dimaksud terdapat tiga unsur pokok, yaitu pertama, unsur pihak-pihak
yang membuat transaksi, yaitu majikan dan pekerja. Kedua, unsur perjanjian
yaitu ijab dan qabul, dan yang ketiga, unsur materi yang
diperjanjikan, berupa kerja dan ujrah atau upah.
Definisi Al-Ijarah
Al Ijarah adalah suatu jenis akad untuk mengambil manfaat suatu
barang dengan jalan penggantian. Beberapa contoh kontrak ijarah (pemilikan
manfaat) seperti (a) Manfaat yang berasal dari aset seperti rumah untuk
ditempati, atau mobil untuk dikendarai, (b) Manfaat yang berasal karya seperti
hasil karya seorang insinyur bangunan, tukang tenun, tukang pewarna, penjahit,
dll (c) Manfaat yang berasal dari skill/keahlian individu seperti pekerja
kantor, pembantu rumah tangga, dll. Sementara itu, menyewakan pohon untuk
dimanfaatkan buahnya, menyewakan makanan untuk dimakan, dll bukan termasuk
kategori ijarah karena barang-barang tersebut tidak dapat dimanfaatkan kecuali
barang-barang tersebut akan habis dikonsumsi.
Adapun
landasan hukum ijarah dari Al-Qur’an dapat ditemukan antara lain pada Surah
Az-Zuhruf ayat 32, Surah Al-Baqarah ayat 233, dan Surah Al-Qashash ayat 26 dan
27. Sedangkan landasan hukum yang berasal dari Hadits Nabi SAW antara lain
Hadits Al-Bukhari yang meriwayatkan bahwa Nabi SAW pernah menyewa seseorang
dari Bani Ad-Diil bernama Abdullah bin Al Uraiqith sebagai petunjuk jalan yang
professional.
Menurut Sayyid Sabiq, Ijarah adalah suatu jenis akad yang
mengambil manfaat dengan jalan penggantian. Dengan demikian pada hakikatnya ijarah adalah penjualan manfaat yaitu
pemindahan hak guna (manfaat) atas suatu barang dan jasa dalam waktu tertentu
melalui pembayaran sewa/upah tanpa diikuti dengan pemindahan kepemilikan barang
itu sendiri. Akad ijarah tidak ada
perubahan kepemilikan tetapi hanya perpindahan hak guna saja dari yang
menyewakan kepada penyewa.
Dalam
Hukum Islam ada dua jenis ijarah, yaitu
:
a. Ijarah
yang berhubungan dengan
sewa jasa, yaitu mempekerjakan jasa seseorang dengan upah sebagai imbalan jasa
yang disewa. Pihak yang mempekerjakan disebut mustajir, pihak pekerja disebut ajir
dan upah yang dibayarkan disebut ujrah.
b. Ijarah
yang berhubungan dengan
sewa aset atau properti, yaitu memindahkan hak untuk memakai dari aset atau
properti tertentu kepada orang lain dengan imbalan biaya sewa. Bentuk ijarah ini mirip dengan leasing (sewa) pada bisnis konvensional.
Pihak yang menyewa (lessee) disebut mustajir, pihak yang menyewakan (lessor) disebutmu’jir/muajir dan biaya sewa disebut ujrah.
Ijarah bentuk pertama banyak diterapkan dalam pelayanan jasa
perbankan syari’ah, sementara ijarah bentuk
kedua biasa dipakai sebagai bentuk investasi atau pembiayaan di perbankan
syari’ah.
Dasar
Ijarah
Ijarah sebagai suatu transaksi yang sifatnya saling tolong
menolong mempunyai landasan yang kuat dalam al-Qur’an dan Hadits. Konsep ini
mulai dikembangkan pada masa Khlaifah Umar bin Khathab yaitu ketika adanya
sistem bagian tanah dan adanya langkah revolusioner dari Khalifah Umar yang
melarang pemberian tanah bagi kaum muslim di wilayah yang ditaklukkan. Dan sebagai
langkah alternatif adalah membudidayakan tanah berdasarkan pembayaran kharaj
dan jizyah.
Kebolehan
transaksi ijarah didasarkan
Al Qur’an dan hadits
QS. Al-Baqarah : 233
Artinya :
Para ibu hendaklah
menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin
menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi
makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma´ruf. Seseorang tidak dibebani
melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita
kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun
berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun)
dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas
keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada
dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah
kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu
kerjakan.
Tafsir
Ayat
ini berisi bimbingan Allah kepada ayah dan ibu dalam menunaikan tanggungjawabnya
sebagai orang tua. Pada awal ayat Allah memberikan bimbingan kepada para Ibu
bayi agar menyusui anaknya secara sempurna yaitu selama dua tahun setelah itu tidak ada lagi
penyusuan, namun penyusuan yang kurang dari dua tahun tidak dilarang karena waktu dua tahun ditujukan bagi mereka
yang ingin melakukan proses secara sempurna. Menyusui bukan merupakan kewajiban
bagi ibu bayi, hanya merupakan anjuran, namun menunaikannya akan lebih
memberikan mashlahah bagi bayi.
Kemudian
ayat dilanjutkan dengan mewajibkan bagi para ayah untuk memberikan biaya hidup
dan sandang yang ma’ruf ibu bayi selaras dengan adat istiadat yang berlaku di
negara masing-masing tanpa berlebihan
atau berkekurangan serta selaras dengan kesanggupan dan kelancaran ayah si
bayi. Jadi memberikan nafkah kepada isteri merupakan kewajiban bagi para suami,
namun disesuaikan dengan kemampuan.
Hadirnya
anak merupakan rahmat dan amanah dari Allah SWT kepada hamba-Nya, oleh karena
itu Ayah tidak boleh dengan sengaja membuat penderitaan kepada Ibu melalui
anaknya, misalnya Ayah merampas anak dari ibu dengan tujuan membuat Ibu
menderita, atau sebaliknya Ibu sengaja menyusahkan ayah dengan menolak untuk
merawat anak dengan tujuan untuk menyusahkan ayah dalam mendidik anak.
Apabila
karena sebab kesulitan satu dan lain hal,
ibu dan ayah bersepakat untuk anaknya menyusu dari perempuan lain , maka
hal tersebut dibolehkan dengan syarat pemberian pembayaran yang patut atas
manfaat yang diberikan perempuan lain atau Ibu susu kepada bayi mereka. Kasus
penyusuan ini menjadi dasar atas dibolehkannya mendapatkan pembayaran atas
pekerjaan, manfaat atau jasa yang dilakukan kepada orang lain.
Kemudian
ayat ditutup dengan perintah agar hambanya bertakwa kepada Allah dan
mengingatkan kebesaran Allah bahwa Allah Maha melihat apa-apa yang dilakukan
hambaNya. Demikianlah penafsiran yang
diberikan segolongan tabi’I dan yang
lainnya.
QS. Az-Zukhruf : 32
Artinya :
Apakah mereka yang
membagi-bagi rahmat Tuhanmu? Kami telah menentukan antara mereka penghidupan
mereka dalam kehidupan dunia, dan kami telah meninggikan sebahagian mereka atas
sebagian yang lain beberapa derajat, agar sebagian mereka dapat mempergunakan
sebagian yang lain. Dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka
kumpulkan.
Tafsir
Ayat
ke 32 surat Az Zukhruf ini didahului dengan kisah Nabi Ibrahim a.s, bahwa ia
berlepas diri dari apa yang dilakukan ayahnya dan kaumnya yang mempraktikan
kemusyrikan dengan menyembah berhala
meskipun Nabi Ibrahim a.s telah memberikan kabar peringatan kepada mereka.
Namun demikian Allah tidak tetap
memberikan nikmat kehidupan hingga kepada keturunan mereka, hingga datang rasul terakhir yang membawa Al Qur’an yaitu
Rasulullah Muhammad saw. Dan ketika kebenaran itu datang mereka tetap
mengingkarinya dan berkata bahwa apa yang dibawa oleh Rasulullah saw tidak lain
adalah sihir, dan dengan menantang mereka berkata mengapa pula Al-Quran
diturunkan pada Muhammad saw yang mereka
anggap biasa saja, alih-alih pembesar penting yang memiliki banyak materi dari
negeri Mekah atau Thaif. Atas perkataan
mereka Allah menyanggah siapakah hakekat mereka hingga dengan lancangnya mereka mengatakan amanah dan tanggung jawab
ini dan itu lebih pantas diserahkan kepada si
fulan ini atau si fulan itu.
Kemudian
Allah menerangkan bahwa Allah telah membedakan hambaNya berkenaan dengan harta
kekayaan, rezeki, akal, pemahaman, dan sebaginya yang merupakan kekuatan lahir
dan batin,agar satu sama lain saling menggunakan potensinya dalam beramal,
karena yang ini membutuhkan yang itu dan yang itu membutuhkan yang ini.
Kemudian Allah menutup ayat dengan
menegaskan bahwa apa-apa yang dirahmatkan Allah kepada para Hamba-Nya adalah
lebih baik bagi mereka dari pada apa-apa yang tergenggam dalam tangan mereka
berupa pekerjaan-pekerjaan dan kesenangan hidup duniawi.
Ayat
ini pun dijadikan dasar bahwa pemanfaatan jasa atau skill orang lain adalah
suatu keniscayaan kerena Allah menciptakan makhlukNya dengan potensi yang
beraneka ragam agar mereka saling bermuamalah.
QS. Al-Qashash ayat 26 - 27 :
Artinya :
Salah seorang dari kedua wanita itu berkata: Ya bapakku ambillah ia
sebagai orang yang bekerja (pada kita), karena sesungguhnya orang yang paling
baik yang kamu ambil untuk bekerja (pada kita) ialah orang yang kuat lagi dapat
dipercaya. (28-26)
Berkatalah dia (Syu’aib) : ”Sesungguhnya aku bermaksud menikahkan kamu
dengan salah seorang dari kedua anakku ini, atas dasar bahwa kamu bekerja
denganku delapan tahun dan jika kamu cukupkan sepuluh tahun maka itu adalah
(suatu kebaikan) dari kamu, maka aku tidak hendak memberati kamu. Dan kamu
insya Allah akan mendapatiku termasuk orang-orang yang baik. (28-27)
Tafsir
Setelah
Musa keluar dari Mesir Musa menuju negeri Madyan, di situ Musa bertemu dua
wanita kakak beradik yang kesulitan memberi minum dombanya dari sumur, karena
dihalangi orang-orang. Orang-orang itu setelah memberi minum pada domba mereka
kemudian menutup sumur dengan batu-batu yang hanya bisa diangkat oleh sepuluh
orang laki-laki. Musa kemudian menolong mereka dengan mengangkat batu-batu itu
agar wanita itu bisa memberi minum domba mereka. Musa sangat kelaparan dan
keletihan dalam perjalanannya itu. Wanita kakak beradik itu kemudian
memberitahu mengenai Musa kepada ayah mereka yang telah tua renta, dan ayah
mereka menyuruh keduanya untuk memanggil Musa untuk menemuinya. Orang tua itu
meminta Musa untuk bekerja kepadanya menggembalakan ternak domab selama 8 tahun
dan sebagai upahnya adalah menikahi salah satu dari kedua anaknya. Setelah
delapan tahun Musa diberi kebebasan untuk tidak bekerja lagi padanya, namun
apabila Musa mneggenapkannya menjadi 10 tahun maka itu merupakan kenaikan dari
Musa.
Menurut
mahzab Hambali ayat ini menjadi dalil bagi sahnya pembayaran upah dengan
makanan atau pakaian.
QS.
Ath-Thaalaq: 6
Artinya :
“
Tempatkanlah mereka (para isteri) di mana kamu bertempat tinggal menurut
kemampuanmu dan janganlah kamu menyusahkan mereka untuk menyempitkan (hati)
mereka. Dan jika mereka (isteri-isteri yang sudah di talaq) itu sedang hamil,
maka berikanlah kepada mereka itu nafkahnya hingga mereka bersalin, kemudian
jika mereka menyusukan (anak-anak)mu untukmu maka berikanlah kepada mereka
upahnya; dan musyawarahkanlah di antara kamu (segala sesuatu), dengan baik; dan
jika kamu menemui kesulitan maka perempuan lain boleh menyusukan (anak itu)
untuknya. (QS. 65:6)
Tafsir
Dalam
ayat ini Allah SWT menjelaskan bahwa menjadi kewajiban bagi suami memberi
tempat tinggal yang layak sesuai dengan kemampuan suaminya kepada istri yang
tengah menjalani idah. Jangan sekali-kali berbuat yang menyempitkan dan
menyusahkan hati istri itu dengan menempatkannya pada tempat yang tidak layak
atau membiarkan orang lain tinggal bersama dia, sehingga ia merasa harus
meninggalkan tempat itu dan menuntut tempat lain yang disenangi.
Jika istri-istri yang ditalak ba'in sedang hamil, maka wajib mereka itu diberi nafkah secukupnya sampai mereka melahirkan, karena apabila mereka itu melahirkan maka habislah masa idahnya. Sekalipun mereka itu sudah habis masa idahnya, tetapi mereka menyusukan anak-anak dari suami yang menalaknya, maka mereka wajib diberi upah sebesar yang umum berlaku, oleh ayah anak-anak itu. Sebaliknya ayah dan ibu dari anak-anak itu merundingkan bersama tentang kemaslahatannya (anak-anak) itu, mengenai kesehatan pendidikan dan sebagainya.
Apabila antara kedua belah pihak tidak terdapat kata sepakat, maka pihak ayah boleh saja memilih perempuan lain yang dapat menerima dan memahami kemampuannya itu, untuk menyusukan anak-anaknya. Sekalipun demikian, kalau anak itu tidak mau menyusu kepada perempuan lain, tetapi maunya kepada ibunya juga, maka wajiblah anak itu menyusu pada ibunya, dengan nafkah yang sama besarnya seperti nafkah yang diberikan kepada orang lain.
Jika istri-istri yang ditalak ba'in sedang hamil, maka wajib mereka itu diberi nafkah secukupnya sampai mereka melahirkan, karena apabila mereka itu melahirkan maka habislah masa idahnya. Sekalipun mereka itu sudah habis masa idahnya, tetapi mereka menyusukan anak-anak dari suami yang menalaknya, maka mereka wajib diberi upah sebesar yang umum berlaku, oleh ayah anak-anak itu. Sebaliknya ayah dan ibu dari anak-anak itu merundingkan bersama tentang kemaslahatannya (anak-anak) itu, mengenai kesehatan pendidikan dan sebagainya.
Apabila antara kedua belah pihak tidak terdapat kata sepakat, maka pihak ayah boleh saja memilih perempuan lain yang dapat menerima dan memahami kemampuannya itu, untuk menyusukan anak-anaknya. Sekalipun demikian, kalau anak itu tidak mau menyusu kepada perempuan lain, tetapi maunya kepada ibunya juga, maka wajiblah anak itu menyusu pada ibunya, dengan nafkah yang sama besarnya seperti nafkah yang diberikan kepada orang lain.
QS.
Al-Kahfi: 77
Artinya :
”Maka keduanya berjalan; hingga tatkala keduanya
sampai kepada penduduk suatu negeri, mereka minta dijamu kepada penduduk negeri
itu, tetapi penduduk negeri itu tidak mau menjamu mereka, kemudian keduanya
mendapatkan dalam negeri itu dinding rumah yang hampir roboh, maka Khidhr
menegakkan dinding itu. Musa berkata: Jikalau kamu mau, niscaya
kamu mengambil upah untuk itu.” (QS. 18:77)
Tafsir
Surat
Al kahfi menceritakan tentang Musa dan sahabatnya Khidir, keduanya berkelana
setelah sebelumnya mencapai kesepakatan untuk bersahabat. Khidir mensyaratkan
agar Musa jang memulai menanyakan sesuatu yang ganjil baginya, sebelum Khidir
menerangkan dan menjelaskannya., setelah dua kali perjalanan mereka sampai pada negeri Elia atau Li’ama
atau Bakhla, namun penduduk negeri itu menolak untuk menjamu mereka. Di negeri
itu pula mereka mendapati ada sebuah rumah yang hampir roboh. Lalu Khidir
menegakkannya kembali. Musa kemudian mengatakan kepada Khidir untuk meminta
upah kepada penduduk negeri atas perbuataanya telah menegakkan rumah tersebut,
apalagi setelah penduduk negeri itu sama
sekali tidak menjamu mereka.
Ayat
ini dapat dijadikan rujukkan bahwa manusia dapat meminta upah atas pekerjaan
yang telah dilakukan.
Hadist
Rasulullah SAW
v
Hadis
riwayat Ibnu Majah dari Ibnu Umar, bahwa Nabi Muhammadsaw. Bersabda
:
Artinya : Berikanlah
upah pekerja sebelum keringatnya kering.
v
Hadis
riwayat Abd.Razaq dari Abu Hurairah, bahwa Nabi Muhammad saw. Bersabada :
Artinya : Barangsiapa
yang mempekerjakan pekerja, beritahukanlah upahnya.
v
Hadis
riwayat Abu Dawud dari Saad bin Abi Waqqash, bahwa Nabi Muhammad saw. Bersabada:
Artinya : Kami
pernah menyewakan tanah dengan (bayaran) hasil pertaniannya, maka Rasulullah
melarang kami melakukan hal tersebut dan memerintahkan agar kami menyewakannya
dengan emas atau perak.
v
Hadis
riwayat Tirmizi dari Amr bin Auf, bahwa Nabi Muhammad saw. Bersabada
:
Artinya : Perdamaian
dapat dilakukan diantara kaum muslimin, kecuali perdamaian yang mengharamkan
yang halal atau menghalalkan yang haram, dan kaum muslimin terikat dengan
syarat-syarat mereka kecuali syarat yang mengharamkan yang halal atau
menghalalkan yang haram.
Ijma ulama
tentang kebolehan melakukan akad sewa menyewa / Ijarah.
v
Kaidah fiqh
Artinya : Pada
dasarnya semua bentuk muamalah boleh dilakukan kecuali ada dalilyang
mengharamkannya.
v
Kaidah fiqh
Artinya : Menghindarkan
mafsadat (kerusakan/bahaya) harusdidahulukan atas mendatangkan kemaslahatan.
Kaidah-Kaidah dalam Ijaroh :
- Semua
barang yang dapat dinikmati manfaatnya tanpa mengurangi substansi barang
tersebut, maka barang tersebut dapat disewakan.
- Semua
barang yang pemanfaatannya dilakukan sedikit demi sedikit tetapi tidak
mengurangi substansi barang itu seperti susu pada unta dan air dalam sumur
dapat juga disewakan.
- Uang dari
emas atau perak dan tidak dapat disewakan karena barang-barang ini setelah
dikonsumsi menjadi hilang atau habis.
Syarat ijarah yang harus ada agar terpenuhi
ketentuan-ketentuan hukum Islam, sebagai berikut :
a.
Jasa
atau manfaat yang akan diberikan oleh aset yang disewakan tersebut harus
tertentu dan diketahui dengan jelas oleh kedua belah pihak.
b.
Kepemilikan
aset tetap pada yang menyewakan yang bertanggung jawab pemeliharaannya,
sehingga aset tersebut harus dapat memberi manfaat kepada penyewa.
c.
Akad
ijarah dihentikan pada saat aset yang
bersangkutan berhenti memberikan manfaat kepada penyewa. Jika aset tersebut
rusak dalam periode kontrak, akad ijarah masih
tetap berlaku.
d.
Aset
tidak boleh dijual kepada penyewa dengan harga yang ditetapkan sebelumnya pada
saat kontrak berakhir. Apabila aset akan dijual harganya akan ditentukan pada
saat kontrak berakhir.
Rukun dan Syarat Ijarah:
- Mu’jir dan
Musta’jir, yaitu orang yang melakukan akad sewa menyewa atau
upah-mengupah. Mu’jir adalah yang memberikan upah dan yang menyewakan,
sedangkan musta’jir adalah orang yang menerima upah untuk melakukan
sesuatu dan yang menyewa sesuatu.
Disyaratkan pada mu’jir dan musta’jir adalah baligh, berakal, cakap
melakukan tasharuf (mengendalikan harta), dan saling meridhai. Allah SWT
berfirman:
QS. An Nisaa : 29
Artinya:
Wahai
orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan
jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka
sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya
Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. QS. an-Nisa' (4) : 29
Bagi orang yang
berakad ijarah juga disyaratkan mengetahui manfaat barang yang diakadkan dengan
sempurna sehingga dapat mencegah terjadinya perselisihan.
- Sighat
ijab kabul antara mu’jir dan musta’jir, ijab kabul sewa-menyewa dan
upah-mengupah.
- Ujrah,
disyaratkan deiketahui jumlahnya oleh kedua pihak, baik dalam sewa menyewa
ataupun dalam hal upah-mengupah.
- Barang yang disewakan atau sesuatu
yang dikerjakan dalam upah-mengupah, disyaratkan pada barang yang
disewakan dengan beberapa syarat sebagai berikut.
-
Barang yang menjadi objek sewa-menyewa
dan upah-mengupah dapat dimanfaatkan kegunaanya.
-
Benda yang menjadi objek sewa-menyewa
dan upah-mengupah dapat diserahkan kepada penyewa dan pekerja berikut
kegunaanya (khusus daam sewa-menyewa).
-
Manfaat dari benda yang disewa adalah
perkara yang mubah (boleh) menurut syara’ bukan hal yang dilarang.
-
Benda yang disewakan disyaratkan kekal
’ain (zat) nya hingga waktu yang ditentukan menurut perjanjian akad.
Ketentuan Obyek Ijarah:
- Obyek
ijarah adalah manfaat dari penggunaan barang dan/atau jasa.
- Manfaat
barang atau jasa harus bisa dinilai dan dapat dilaksanakan dalam kontrak.
- Manfaat
barang atau jasa harus yang bersifat dibolehkan (tidak diharamkan).
- Kesanggupan
memenuhi manfaat harus nyata dan sesuai dengan syari’ah.
- Manfaat
harus dikenali secara spesifik sedemikian rupa untuk menghilangkan jahalah (ketidaktahuan) yang akan
mengakibatkan sengketa.
- Spesifikasi
manfaat harus dinyatakan dengan jelas, termasuk jangka waktunya. Bisa juga dikenali dengan
spesifikasi atau identifikasi fisik.
- Sewa atau upah adalah sesuatu
yang dijanjikan dan dibayar nasabah kepada LKS sebagai pembayaran manfaat.
Sesuatu yang dapat dijadikan harga (tsaman) dalam jual beli dapat pula dijadikan sewa atau upah
dalam Ijarah.
- Pembayaran
sewa atau upah boleh berbentuk jasa (manfaat lain) dari jenis yang sama
dengan obyek kontrak.
- Kelenturan
(flexibility) dalam menentukan sewa atau upah dapat diwujudkan dalam
ukuran waktu, tempat dan jarak.
Kewajiban
pemberi manfaat barang atau jasa:
- Menyediakan barang yang disewakan atau jasa yang
diberikan
- Menanggung
biaya pemeliharaan barang.
- Menjamin bila terdapat cacat pada barang yang
disewakan.
Kewajiban
penerima manfaat barang atau jasa:
- Membayar sewa atau upah dan bertanggung jawab untuk
menjaga keutuhan barang serta menggunakannya sesuai akad (kontrak).
- Menanggung biaya pemeliharaan barang yang sifatnya
ringan (tidak materiil).
- Jika barang yang disewa rusak, bukan karena
pelanggaran dari penggunaan yang dibolehkan, juga bukan karena kelalaian
pihak penerima manfaat dalam menjaganya, ia tidak bertanggung jawab atas
kerusakan tersebut.
Syarat
Ujrah (fee, bayaran sewa)
•
Harus
termasuk dari harta yang halal
•
Harus diketahui jenis,
macam dan satuannya
•
Tidak
boleh dari jenis yang sama dengan manfaat yang akan disewa untuk menghindari
kemiripan riba fadhl
•
Kebanyakan
ulama membolehkan fee ijarah bukan dengan uang tetapi dalam bantuk jasa
(manfaat lain). Misalnya membayar sewa mobil 1 minggu dengan mengajar anaknya
matematika selama 1 bulan 8 Kali pertemuan.
Pada
prinsipnya dalam kontrak ijarah harus dikatakan dengan jelas siapa yang
menanggung biaya pemelihraan asset obyek sewa. Sebagian ulama menyatakan jika kontrak sewa menyebutkan biaya perbaikan
ditanggung penyewa, maka kontrak sewa itu tidak sah, karena penyewa menangung
biaya yang tidak jelas.
Pembatalan dan Berakhirnya Ijarah
Ijarah
adalah jenis akad tidak membolehkan
adanya fasakh pada salah satu pihak, karena ijarah merupakan akad pertukaran,
kecuali bila didapati adanya hal-hal yang mewajibkan fasakh.
Ijarah akan menjadi
fasakh (batal) bila terdapat hal-hal sebagai berikut:
-
Terdapat
cacat pada barang sewaan yang terjadi pada tangan penyewa.
-
Barang yang disewakan hancur atau
rusak.
-
Rusaknya
barang yang diupahkan, seperti baju yang diupahkan untuk dijahitkan.
-
Akad
ijarah dihentikan pada saat aset yang
bersangkutan berhenti memberikan manfaat kepada penyewa.
-
Terpenuhinya
manfaat yang diakadkan, berakhirnya masa yang telah ditentukan dan telah
selesai pekerjaan.
-
Salah satu pihak meninggal dunia
(Hanafi); jika barang yang disewakan itu berupa hewan maka kematiannya
mengakhiri akad ijaroh (Jumhur).
-
Kedua pihak membatalkan akad dengan
iqolah.
Pengembalian
Sewaan
Jika ijarah telah berakhir, penyewa berkewajiban
mengembalikan barang sewaan, jika barang tersebut dapat dipindahkan, ia wajib
menyerahkan kepada pemiliknya, dan jika bentuk barang sewaan adalah benda tetap,
ia wajib menyerahkan kembali dalam keadaan kosong, jika barang sewaan itu
berupa tanah, ia wajib menyerahkan kepada pemiliknya dalam keadaan kosong dari
tanaman, kecuali bila ada kesulitan untuk menghilangkannya.
Mazhab Hanbali berpendapat bahwa ketika ijarah telah
berakhir, penyewa harus melepaskan barang sewaan dan tidak ada keharusan
mengembalikan untuk menyerahterimakan seperti barang titipan.
LAIN-LAIN
MENGENAI IJARAH
1. ”Hal-hal yang boleh
ditarik upahnya
Segala sesuatu yang dapat diambil
manfaatnya dan sesuatu itu yang tetap utuh, maka boleh disewakan untuk
mendapatkan upahnya, selama tidak didapati larangan dari syari’at.
Dipersyaratkan sesuatu yang disewakan itu harus
jelas dan upahnya pun jelas, demikian pula jangka waktunya dan jenis
pekerjaannya.
Allah swt berfirman ketika menceritakan perihal
rekan Nabi Musa as:
“Berkatalah dia (Syu’aib), Sesungguhnya aku
bermaksud menikahkan kamu dengan salah seorang dari kedua anakku ini, atas
dasar bahwa kamu bekerja denganku delapan tahun dan jika kamu cukupkan sepuluh
tahun maka itu adalah suatu kebaikan darimu.” (QS al-Qashash: 27).
Dari Hanzhalah bin Qais, ia bertutur: Saya
pernah bertanya kepada Rafi’ bin Khadij tentang menyewakan tanah dengan emas
dan perak. Maka jawabnya, “Tidak mengapa, sesungguhnya pada masa Nabi saw
orang-orang hanya menyewakan tanah dengan (sewa) hasil yang tumbuh di
pematang-pematang (galengan), tepi-tepi parit, dan beberapa tanaman lain. Lalu
yang itu musnah dan yang ini selamat, dan yang itu selamat sedang yang ini
musnah. Dan tidak ada bagi orang-orang (ketika itu) sewaan melainkan ini, lalu
yang demikian itu dilarang. Adapun (sewa) dengan sesuatu yang pasti dan dapat
dijamin, maka tidak dilarang.” (Shahih).
2. Dosa orang yang
tidak membayar upah pekerja
Dari Abu Hurairah ra dari Nabi saw Beliau
bersabda, “Allah Ta’ala berfirman: Ada tiga golongan yang pada hari kiamat
(kelak) Aku akan menjadi musuh mereka: (pertama) seorang laki-laki yang
mengucapkan sumpah karena Aku kemudian ia curang, (kedua) seorang laki-laki
yang menjual seorang merdeka lalu dimakan harganya, dan (ketiga) seorang
laki-laki yang mempekerjakan seorang buruh lalu sang buruh mengerjakan tugas
dengan sempurna, namun ia tidak memberinya upahnya.” (Hasan dan Fathul Bari IV:).
3.
Perbuatan yang tidak boleh diambil upahnya sebagai
mata pencaharian
Allah SWT
menegaskan :
“Dan janganlah kamu paksa budak-budak
wanitamu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri menginginkan kesucian
karena kamu hendak mencari keuntungan duniawi. Dan barangsiapa yang memaksa
mereka, maka sesungguhnya Allah adalah Mulia Pengampun Lagi Maha Penyayang
(kepada mereka) sesudah mereka dipaksa (itu).” (QS an-Nuur: 33).
Dari Jabir Abdullah bin Ubai bin Salul
mempunyai dua budak perempuan, yang satu bernama Musaikah dan satunya lagi
bernama Umaimah. Kemudian dia memaksa mereka agar melacur, lalu mereka
mengadukan kasus itu kepada Nabi saw. Kemudian Allah menurunkan firman-Nya:
“Dan janganlah kamu memaksa budak-budak
wanitamu untuk melacur maka adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Shahih: Mukhtashar Muslim dan Muslim).
Dari Abu Mas’ud al-Anshari ra bahwa
Rasulullah saw melarang harga anjing, hasil melacur, dan upah tukang tenung. (Muslim,
‘Aunul Ma’bud, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Nasa’i )
Dari Ibnu Umar ra ia berkata, “Nabi saw
melarang upah persetubuhan pejantan.” (Shahih: Mukhtashar Muslim, Fathul Bari,
‘Aunul Ma’bud, Tirmidzi dan Nasa’i ).
4.
Upah
membaca Al-QUR’AN
Dari Abdurrahman bin Syibl al-Anshari ra,
ia berkata: Saya mendengar Rasulullah saw bersabda,
“Hendaklah kalian membaca al-Qur’an, namun
janganlah kamu makan dengan (upah membaca)nya, jangan (pula) memperbanyak
(harta) dengannya, jangan kamu berpaling darinya dan jangan (pula) kalian
berkelebihan dalam (menyikapi)nya.” (Shahih: Shahihul Jami’us Shaghir dan al-Fathur
Rabbani ).
Dari Jabir bin Abdillah ra, ia berkata : Rasulullah saw pernah pergi
menemui kami yang sedang membaca al-Qur’an, sedang di antara kami ada yang
berkebangsaan Arab dan ada pula non Arab. Kemudian Beliau bersabda, “Bacalah
(al-Qur’an); karena setiap (huruf) (pahalanya) satu kebaikan; dan akan ada
sejumlah kaum yang berusaha meluruskan bacaan al-Qur’an sebagaimana
dibereskannya gelas (yang pecah); mereka tergesa-gesa untuk mendapat balasannya
dan tidak mau menangguhkannya.” (Shahih: ash-Shahihah dan ‘Aunul Ma’bud).
Ma’na kalimat “Dan akan ada sejumlah kaum yang berusaha meluruskan
bacaan al-Qur’an ini pada mereka yang gigih memperbaiki lafadz dan kata yang
terdapat dalam al-Qur’an dan memaksa dan memperhatikan makharijul huruf dan
sifat-sifatnya “Sebagaimana dibereskannya gelas (yang pecah)” yaitu mereka
berusaha dengan serius memperbaiki bacaan karena riya’, sum’ah, prestise, dan
populer. “Mereka
menangguhkannya, yaitu mendambakan pahala di akhirat, namun justeru mereka
mengutamakan balasan duniawi balasan yang dijanjikan di akhirat. Mereka ittikal
(pasrah tanpa iktiyar), tidak mau bertawakkal kepada-Nya.
Dari Abu Sa’id al-Khudri bahwa ia pernah
mendengar Nabi saw bersabda, “Pelajarilah al-Qur’an, dan dengannya
mohonlah kepada Allah surga sebelum satu kaum yang mempelajarinya untuk mencari
keuntungan duniawi; karena sesungguhnya al-Qur’an dipelajari oleh tiga kelompok
manusia: (pertama) seorang yang senang berbangga diri dengannya, (kedua)
seorang yang mencari makan dengannya, dan (ketiga) seorang yang membacanya
karena Allah ta’ala.” (Shahih: ash-Shahihah dan Ibnu Nashr meriwayatkannya
dalam Qiyamul lail). ” (www.alislamu.com, Pusat Kajian Islam)
BEBERAPA CONTOH APLIKASI IJARAH KONTEMPORER
Ijarah
Ijarah adalah
akad untuk memanfaatkan jasa, baik jasa atas barang ataupun jasa atas tenaga
kerja. Bila digunakan untuk mendapatkan manfaat barang, maka disebut
sewa-menyewa. Sedangkan jika digunakan untuk mendapatkan manfaat tenaga kerja, disebut
upah-mengupah. Pada ijarah, tidak terjadi perpindahan kepemilikan objek ijarah.
Objek ijarah tetap menjadi milik yang menyewakan.
Contoh : Pemilik kendaraan bermotor menyewakan kendaraannya dengan memperoleh
imbalan uang sewa. Seorang mandor memperoleh upah dari manfaat tenaga kerja
yang diberikan kepada pemilik proyek.
Ijarah al-Muwazy (Paralel)
Menyewakan
barang kepada pihak ketiga, hukumnya dibolehkan, apabila pemilik barang
mengizinkannya. Apabila pemilik asset tidak mengizinkannya, maka penyewaan
kepada pihak ketiga tidak dibolehkan., Bank syariah dan BMT dapat menjadikan konsep ini sebagai
produk.
Ijarah Munyahiyah bit Tamlik
IMBT merupakan kependekan dari Ijarah Mumtahiya bit
Tamlik. Pembiayaan IMBT tidak sama dengan IMBT, begitupun IMBT tidak sama
dengan sewa beli, dan tidak sama pula dengan leasing. Dalam sewa beli, lessee
otomatis jadi pemilik barang di akhir masa sewa. Dalam IMBT, janji pemindahan
kepemilikan di awal akad ijarah adalah wa’ad (janji) yang hukumnya tidak
mengikat. Bila janji itu ingin dilaksanakan, maka harus ada akad pemindahan
kepemilikan yang dilakukan setelah masa ijarah selesai. Sedangkan pada leasing,
kepemilikan lessee tersebut hanya terjadi bila hak opsinya dilaksanakan oleh
lessee. Pada pembiayaan IMBT, bank sebagai penyedia uang untuk membiayai
transaksi dengan prinsip IMBT paling tidak mempunyai dua pilihan. Pertama,
besarnya angsuran bulanan IMBT yang harus dibayarkan nasabah kepada bank telah
memasukkan komponen nilai perolehan barang IMBT, sehingga pada akhir masa
ijarah nilai perolehan barang IMBT yang masih tersisa telah nihil. Dalam hal
ini, meskipun secara teori fikih dikatakan hukumnya tidak mengikat untuk
memindahkan kepemilikan barang tersebut, namun secara praktik bisnisnya barang
tersebut akan diserahkan kepemilikannya kepada nasabah. Jadi dalam hal ini pembiayaan
IMBT lebih mirip dengan sewa beli dibandingkan dengan leasing. Kedua, besarnya angsuran bulanan IMBT yang
harus dibayarkan nasabah kepada tidak memasukkan komponen nilai perolehan
barang IMBT, sehingga pada akhir masa ijarah nilai perolehan barang IMBT yang
masih tersisa tidak nihil (biasanya disebut nilai residu). Dalam hal ini, bila
nasabah membayar nilai residu tersebut maka bank akan memindahkan
kepemilikannya pada nasabah. Namun bila nasabah belum membayar nilai residunya,
bank belum memindahkan kepemilikan tersebut. Jadi dalam hal ini pembiayaan IMBT
lebih mirip dengan leasing dibandingkan dengan sewa beli.
Pihak lessor dalam leasing hanya bermaksud untuk
membiayai perolehan barang modal oleh lessee, dan barang tersebut tidak berasal
dari pihak lessor, tapi dari pihak ketiga atau dari pihak lessee sendiri. Pada
sewa beli, lessor bermaksud melakukan semacam investasi dengan barang yang
disewakannya itu dengan uang sewa sebagai keuntungannya. Karena itu, biasanya
barang tersebut berasal dari milik pemberi sewa sendiri. Pada IMBT keduanya
dapat terjadi, menyediakaan barang sewa dengan cara menyewa, kemudian
menyewakannya kembali. Juga dimungkinkan menyediakan barang sewa dengan membeli
kemudian menyewakannya.
Pada pembiayaan IMBT, bank sebagai penyedia uang untuk
membiayai transaksi dengan prinsip IMBT dapat saja membiayai penyewaan barang
kemudian barang tersebut disewakan kembali, dan dapat pula membiayai pembelian
barang kemudian barang tersebut disewakan. Yang jelas pembiayaan IMBT adalah penyediaan
uang untuk membiayai transaksi dengan prinsip IMBT, bukan akad IMBT itu
sendiri. Terakhir, leasing boleh dilakukan oleh perusahaan pembiayaan sedangkan
sewa beli tidak termasuk kegiatan lembaga pembiayaan. Pembiayaan IMBT boleh
dilakukan oleh bank syariah, sedangkan sewa beli, leasing, IMBT tidak termasuk
kegiatan bank syariah.
Fatwa MUI tentang IMBT
•
Pihak
yang melakukan al-Ijarah al-Muntahiah bi al-Tamlik harus melaksanakan akad
Ijarah terlebih dahulu. Akad pemindahan kepemilikan, baik dengan jual beli atau
pemberian, hanya dapat dilakukan setelah masa Ijarah selesai.
•
Janji
pemindahan kepemilikan yang disepakati di awal akad Ijarah adalah wa'd (الوعد), yang hukumnya tidak mengikat.
Apabila janji itu ingin dilaksanakan, maka harus ada akad pemindahan
kepemilikan yang dilakukan setelah masa Ijarah selesai.
Sukuk Ijarah
Sukuk Ijarah merupakan surat berharga
yang merepresentasikan kepemilikan penyertaan atas asset yang disewakan. Sukuk
ini memberikan hak kepada para pemegangnya untuk mendapatkan uang sewa serta
hak untuk mengalihkan kepemilikan berdasarkan penyertaan yang mereka miliki
tanpa mempengaruhi hak si penyewa, dengan kata lain sukuk ini dapat diperjual
belikan. Para pemiliki sukuk menanngungg seluruh biaya perawatan dan kerusakan
dari asset yang dimilki berdasarkan proporsi kepemilikan mereka. (AAOIFI), Secara umum sukuk didefinisikan sebagai sertifikat
pertisipasi Islami yang dapat diperdagangkan berdasarkan kepemilikan dan
pertukaran dari asset yang disepakati bersama
Khusus
untuk sukuk ijarah, kontrak yang mendasarinya adalah ijarah yaitu sewa menyewa
(leasing) seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Sebagaimana
ketentuan transaksi bisnis syariah yang membedakannya dengan ketentuan
transaksi bisnis konvensional, kegiatan sukuk ijarah tidak boleh bertentangan
dengan syariah seperti : (a) Usaha perjudian dan permainan yang tergolong judi
atau perdagangan yang dilarang; (b) Usaha lembaga keuangan konvensional
(ribawi), termasuk perbankan dan asuransi konvensional; (c) Usaha yang
memproduksi, mendistribusi, serta memperdagangkan makanan dan minuman haram;
(d) Usaha yang memproduksi, mendistribusi, dan atau menyediakan barang-barang
ataupun jasa yang merusak moral dan bersifat mudarat (Fatwa No. 20
DSN-MUI/IV/2001). Selain itu, keuntungan yang akan dibagikan oleh penerbit
sukuk ijarah harus bersumber dari hasil usaha/pengelolaan sukuk ijarah itu
sendiri.
Untuk
dapat melakukan kontrak sukuk berbasis ijarah, para investor, penerbit sukuk
dan pihak terkait lainnya wajib memenuhi sejumlah persyaratan tertentu.
Pertama, kedua belah pihak yang akan melakukan akad harus berkemampuan dan
berakal. Kedua, akil baligh sebagaimana yang disyaratkan oleh Imam Asy Syafi'i
dan Hambali. Sehingga berakad dengan anak kecil dinyatakan tidak sah. Kemudian,
agar transaksi berbasis ijarah tersebut menjadi sah (valid), diperlukan pula
sejumlah ketentuan tambahan. Pertama, adanya kerelaan kedua belah pihak yang
melakukan akad sebagaimana Firman Allah SWT pada Surah An-Nisa ayat 29. Kedua,
mengetahui secara sempurna manfaat dari barang yang menjadi objek akad antara
lain untuk mencegah terjadinya perselisihan. Ketiga, barang atau asset
yang menjadi objek akad dapat dimanfaatkan sesuai dengan kriteria, realita dan
syara. Imam Hanafi menambahkan bahwa menyewakan barang yang tidak dapat dibagi
(tidak dalam keadaan lengkap) tidak dapat diperbolehkan, sebab manfaat
kegunaannya tidak dapat ditentukan. Keempat, aset tersebut sudah jelas, nyata
dan dimiliki penerbit sukuk sehingga dapat disewakan untuk diambil manfaatnya.
Menyewakan binatang buruan (masih dalam perburuan), tanah tandus atau
menyewakan binatang lumpuh yang tidak dapat diserahkan tidak dibenarkan secara
syariah karena tidak mendatangkan kegunaan yang menjadi obyek dari akad ini.
Terakhir, sewa-menyewa yang dilakukan bukan untuk sesuatu yang diharamkan.
Menyewakan asset yang akan digunakan untuk memproduksi minuman keras, tempat
berjudi, dll tidak dibenarkan dalam syariah dan kontrak ijarah yang dilakukan
menjadi ijarah fasid.
Hal
terakhir yang spesifik dan layak diketahui dari sukuk ijarah adalah kontrak ini
dapat diperjualbelikan di pasar modal dengan harga
yang ditentukan oleh kekuatan pasar. Kegiatan ekonomi, investasi serta risiko yang berhubungan dengan kesanggupan penyewa untuk
membayar harga sewa serta biaya penjaminan dan pemeliharaan asset menentukan
harga sukuk ijarah di pasar keuangan. Namun demikian, sukuk ijarah
menawarkan suatu bentuk surat berharga yang fleksible dan marketable
dibandingkan jenis sukuk lainnya. (Muhammad
Fadlillah}
Berikut
ini disajikan mengenai skema transfer manfaat atas aset yang telah tersedia.
Pada saat perusahaan merencanakan untuk menerbitkan sukuk ijarah, perusahaan
terlebih dahulu menetapkan aset yang akan diijarah-kan. Kemudian, perusahaan
menjual manfaat aset kepada investor. Atas transfer ini, perusahaan memperoleh
pembayaran lumpsum dari investor dan sebaliknya investor memperoleh sertifikat
sukuk ijarah. Pada tahap ini, perusahaan dan investor menandatangani akad
Ijarah, yang memposisikan perusahaan menjadi lessee dan investor menjadi lessor.
Selanjutnya, investor
dan perusahaan menandatangani akad Wakalah, yang berisi bahwa investor
memberikan kuasa kepada perusahaan atas manfaat aset underlying ijarah. Kuasa
tersebut, digunakan oleh perusahaan untuk mencari end customer yang bermaksud
untuk menyewa aset underlying ijarah. Hal ini dilakukan karena perusahaan memiliki
pengetahuan yang lebih baik dibandingkan investor terhadap industrinya. Setelah
menemukan end customer, perusahaan mentransfer manfaat aset underlying ijarah. Dalam tahap ini seakan-akan peranan perusahaan
adalah sebagai lessor mewakili investor dan
end customer adalah sebagai lessee. End customer berkewajiban membayar
penggunaan asset underlying ijarah. Pembayaran ini merupakan sumber kupon
ijarah yang akan dibayarkan perusahaan selaku lessee kepada investor selaku
lessor.
Skema sukuk ijarah semacam ini dijumpai di Indonesia
khususnya transaksi sukuk ijarah PT Berlian Laju Tanker (BLT) Tbk. PT BLT Tbk menerbitkan sukuk ijarah untuk mentransfer
manfaat kapal tanker kepada investor. Kemudian PT BLT Tbk membantu investor
untuk
mencari end customer
yang berminat untuk menyewa kapal tanker PT BLT Tbk tersebut. Dari transaksi
dengan end customer tersebut, PT BLT Tbk memperoleh secara berkala, fee sewa
yang diteruskan kepada investor sebagai kupon ijarah. Pada skema ini tidak
digunakan SPV karena konsep SPV tidak dikenal dalam rezim hukum di Indonesia.
Pengurusan Haji
Bank melakukan pengurusan haji untuk kepentingan nasabah dengan
memperoleh ujrah (imbalan jasa). Dalam
pengurusan haji, Bank dapat memberikan dana talangan pembayaran Biaya
Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) dengan akad qardh. Jasa pengurusan haji tidak
boleh dikaitkan dengan pemberian talangan haji.
Besarnya ujrah tidak didasarkan pada jumlah talangan haji.
Pembiayaan Multijasa
Pembiayaan yang diberikan bank kepada nasabah dalam
memperoleh manfaat atas suatu jasa. Dalam rangka pembiayaan multijasa tersebut,
bank memperoleh ujrah (imbalan jasa).
Besarnya ujrah disepakati di awal dan dinyatakan dalam bentuk nominal
bukan prosentase.
Subscribe to:
Posts (Atom)
ADSENSE IKLAN
PERHATIKAN IKLAN BERIKUT :
-
MATA KULIAH : FIQH MUAMALAH KONTEMPORER SKS : 2 SKS PRODI : HUKUM EKONOMI...
-
Sebelum menetapkan berbagai identifikasi masalah, kesenjangan atau problematik yang akan dibahas diuraikan dulu sebagai latar belakang masal...
-
Seorang ulama dari Suriah bercerita tentang do'a yang selalu ia lantunkan. Ia selalu mengucapkan do'a seperti berikut ini. ﺍَﻟﻠّ...